Kamis, 24 Oktober 2013

Warga Dusun Lamalewa Swadaya Semenisasi Lorong

Foto: Ella Lagadoni


Lamalewa, BlogWB. Jelang serah terima jabatan kepala dusun kepada pejabat baru yang terpilih, kepala dusun Lamalewa Arnold Sili kembali menggerakkan warga untuk melakukan gotong royong. Gotong-royong warga dusun berlangsung pada Rabu, (23/10) kemarin.
Segenap warga termasuk para pemuda dan orang tua melakukan kerja bakti menata lorong sepanjang 32 meter dari jalan kabupaten yang melintasi desa tersebut menuju ke aula dan kantor kepala dusun. Tampak warga tekun menimbun urugan tanah dan menggali parit dengan peralatan sekop dan cangkul serta karung.
Paket pekerjaan swadaya tersebut dipercayakan kepada Paulinus Tupen selaku ketua panitia pembangunan. Rapat panitia yang berlangsung pada Selasa (22/10) pun memutuskan supaya ruas lorong tersebut ditata dengan semenisasi dan pembangunan parit. Adapun pengadaan bahan lokal ditanggung oleh masing-masing KK, sementara pengadaan bahan lainnya dipenuhi dari dana kas dusun yang diperoleh dari swadaya masyarakat setempat.
Tupen yang ikut mengawasi jalannya pekerjaan mengatakan, kegiatan pada hari itu melibatkan seluruh warga. Kegiatan berlangsung dalam beberapa tahap. Untuk hari ini, pekerjaan yang dilakukan adalah mengurug tanah dan menggali parit. Kerja bakti ini berlangsung selama enam jam kerja. Sementara semenisasi serta pembuatan parit akan segera dilakukan setelah bahan-bahan siap.

Selain sebagai penerima manfaat dari program pembangunan pemerintah, warga setempat pun tidak ketinggalan melakukan kegaitan swadaya. Partisipasi warga tampak maksimal dalam upaya pengadaan dana maupun kegiatan pembangunan sarana. Don Kopong Leyn selaku tokoh muda di desa ini mengungkapkan, swadaya seperti ini harus terus didorong pada kepengurusan mendatang. (smpt)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar