Sabtu, 01 September 2018

Musim Jambu Mente di Watobaya, Pengepul Raup 7-14 ton per Pekan


Musim panen buah jambu mente hampir berakhir di desa Watobaya. Meski panen kali ini diakui tidak begitu menggembirakan, akumulasi hasil panen cukup berlimpah di tingkat pengepul .
Gabriel Pati, salah satu pengepul yang ditemui pada Sabtu (01/09/2018) mengaku, setiap pekan rata-rata ia raup satu hingga dua ton mente. Ini setara dengan kemasan 25 hingga 50 karung mente ukuran besar (40 kg).
"Untuk tiga dusun di desa Watobaya, total tercatat ada tujuh pengepul. Perolehan mereka hampir sama, satu hingga dua ton." ujar Pati.
Jika dikalkulasi, maka total panen per pekan berada di kisaran 7 hingga 14 ton. Ini dibuat dengan asumsi bahwa petani hanya menjual hasil bumi pada hari Sabtu di pasar Waiwadan Kecamatan Adonara Barat. Volume panen ini setara dengan nilai 126 juta rupiah hingga seperempat milyar rupiah per pekan.
Dari total 153 KK tani di desa Watobaya, pendapatan per KK berkisar 800 ribu hingga 1 juta 600 ribu per pekan dari usaha tani jambu mente. Angka ini belum terhitung hasil panen dari dusun IV yang letaknya terpisah.
Data Adonara Barat Dalam Angka menyebut hasil produksi jambu mente per tahun mencapai 333 ton di kecamatan Adonara Barat. Sementara pada Flores Timur Dalam Angka, data produksi jambu mente Adonara Barat ditaksir 3156 ton. Belum jelas bagaimana menyikapi perbedaan data ini.
Pada tingkat pengepul, petani bebas menjual hasil bumi ke mana saja sesuai harga yang ia inginkan. Jika tidak puas dengan harga pengepul yang satu, mereka bebas mencari pengepul lain.
Usaha jambu mente adalah usaha tani yang baru mulai ditekuni sejak tahun 1990an di desa Watobaya. Selain menekuni usaha ini, petani di desa Watobaya pun menekuni usaha komoditi lain seperti kemiri, kelapa, cengkeh, dan pinang. (teks: Simpet)

2 komentar:

  1. Baru tahu ada jambu mete dari sana. Keren ini. Maju terus desanya dan terus berbagi dengan kami yang haus informasi tentang Flores Timur!

    BalasHapus
  2. Makasih sudah mampir di blog kami yang sederhana ini

    BalasHapus