Jumat, 05 Juli 2013

Yohanes Tupen Kenotan jadi Kepala Desa Terpilih

Foto: Yohanes Tupen
Watobaya, BlogWB. Setelah mengalami penundaan karena force majeure selama lebih dari sebulan, proses pemungutan suara sebagai tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Watobaya akhirnya berlangsung pada Senin (1/7) lalu.  
Don Leyn selaku sekretaris panitia pemilihan mengungkapkan, seluruh masyarakat Watobaya yang berumur tujuh belas tahun atau yang sudah menikah mempunyai hak untuk memilih. Berbondong-bondong warga pemegang hak pilih dari empat dusun pun menuju ke tempat pemungutan suara yang dibuka di Kantor desa Watobaya sejak pagi hari. Kegiatan pemungutan suara berlangsung tertib dengan pengamanan dari aparat keamanan sipil desa setempat.
Tepat pukul 02.00 WIB, pemungutan suara dihentikan dan dilanjutkan dengan proses penghitungan suara. Hasil penghitungan menempatkan Yohanes Tupen Kenotan sebagai kandidat yang paling banyak dipilih yaitu mendulang 200  jumlah suara atau 46%. Sementara dua kandidat lain, Markus Payong dan Yohanes Wara Ola masing-masing mendapat 146 dan 78 suara atau 34% dan 18%. 2 suara dinyatakan abstain dan 3 lainnya dinyatakan tidak sah.
Hasil tersebut secara langsung mendaulat Yohanes Tupen Kenotan selaku kepala desa terpilih Watobaya periode 2013-2019. Kepada BlogWB, panitia pemilihan mengungkapkan bahwa untuk selanjutnya, pihak mereka akan melakukan penyerahan berita acara hasil pilkades kepada BPD dan akan diproses oleh BPD selanjutnya hingga pelantikan nanti. Pelantikan kepala desa rencananya akan berlangsung akhir bulan Juli ini.(smpt)
Foto: Johan Mukin

Foto: Suban Doni


2 komentar: