Jumat, 13 September 2013

PPIP 2013, Watobaya jadi Desa Sasaran


Eman Muda, Fasilitator PPIP
Watobaya, BlogWB. Desa Watobaya kini menjadi sasaran Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) tahun 2013 ini. Hal ini terungkap pada rapat usulan kegiatan yang berlangsung di balai desa Watobaya pada hari ini, Jumad (13/9). Hadir pada rapat ini sekitar seratus warga desa Watobaya, tokoh masyarakat serta pemerintah desa. Rapat yang dibuka oleh Plt. Kades Watobaya, Markus Masan ini dihadiri pula oleh fasilitator PPIP kecamatan Adonara Barat, Emanuel Ola Murin atau yang akrab disapa Eman Muda.
Setelah melewati adu pendapat yang alot, forum akhirnya memutuskan untuk memasukkan dua usulan, yakni pembangunan lorong dan jalan desa. Usulan ini kemudian tertuang dalam berita acara hasil rapat yang dibacakan oleh Eman Muda dan ditandatangani oleh perwakilan dari peserta rapat.
Menegaskan usulan itu, mantan Kepala Desa Watobaya Stanis Boli Kia mengungkapkan bahwa masyarakat lebih membutuhkan rabat jalan pada titik-titik tertentu yang rusak dan tidak dapat dilalui pada musim hujan.
Adapun untuk program ini, pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mengalokasikan dana stimulan sebesar 250 juta per desa, dengan perincian 245 juta untuk pembangunan infrastruktur dan 5 juta untuk operasional organisasi masyarakat setempat (OMS). Kegiatan pembangunan ini sendiri langsung melibatkan masyarakat. Terhitung ada tiga desa di kecamatan Adonara Barat yang mendapat alokasi kegiatan ini. Sementara itu, untuk seluruh NTT ada 271 desa sasaran. (smpt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar